Sanad Kami ke Al-Imam Ibnul Jazariy (Jalur Ahli Hadits)

SANAD KAMI KE AL-IMAM IBNUL JAZARY MELALUI IJAZAH ‘AAMMAH DARI JALUR AHLI HADITS/ RIWAYAH

Kami, Laili Al-Fadhli meriwayatkan dari:

1. الأستاذ ريكريك أولياء الرحمـٰن السورينجي

2. عن عبدالرحمن بن شيخ الحبشي

3. عن محمد أبي النصر الخطيب 

4. عن عبد الرحمن بن محمد الكزبري

5. عن مصطفى الرحمتي

6. عن ابراهيم الكوراني

7. عن النجم محمد بن البدر محمد بن رضي الدين الغزي 

8. عن والده البدر 

9. عن قريش البصير 

10. عن شمس الدين أبو الخير محمد بن الجزري

Sanad ini merupakan sanad yang cukup tinggi untuk zaman sekarang, namun bukan yang tertinggi. Karena guru kami dan yang setingkat dengannya merupakan pemegang sanad tertinggi.

Sejauh yang kami ketahui, para Masyayikh yang satu tingkat dengan guru kami mengambil ijazah dari Syaikh Abdurrahman Al-Habsyi, belum dapat kami ketahui adakah jalur lain selain dari jalur beliau.

Kami belum mendapatkan kabar apakah masih ada Ulama yang setingkat dengan Syaikh Abdurrahman Al-Habsyi yang masih hidup. Bila masih ada, maka orang tersebut menempati kedudukan sanad yang paling tinggi di atas guru kami.

➖➖➖➖➖

Ada sebagian ikhwah yang bertanya-tanya tentang sanad sebagian Asatidzah ke Ibnul Jazariy, yang katanya sangat pendek sekali jalurnya, sekitar 8 orang. Maka, kami katakan, bila beliau mengambil jalur Ahli Riwayah dari Syaikh Abdurrahman Al-Habsyi, maka sangat mungkin. Artinya, beliau berada satu tingkay dengan guru kami. Namun, bila beliau tidak mengambil darinya, maka kami tidak mengetahui ada jalur lain. Kami sudah beberapa kali mencari informasi kepada beberapa orang yang kami harapkan bisa memberikan informasi mengenai hal ini, namun kami belum bisa mendapatkannya.

Bila orang tersebut hanya mengambil sanad dari jalur Ahli Qiraat, maka tidak mungkin jaraknya kepada Al-Imam Ibnul Jazariy hanya 8 orang saja. Guru-guru kami yang sudah sepuh saja, jarak terdekat mereka dengan Al-Imam Ibnul Jazariy 11 atau 12 orang. Dan itu merupakan sanad tertinggi di zaman ini. Wallaahu a’lam.

➖➖➖➖➖

Wal-akhir, ingin kami sampaikan bahwa bagi siapa saja yang telah menerima ijazah Matn Manzhumah Jazariyyah atau kitab lain milik Al-Imam Ibnul Jazariy, maka berhak meriwayatkannya kepada orang lain dari jalur ini. Kami juga berharap agar tidak berhenti pada kami, namun mengambil sanad yang lebih tinggi, yakni langsung kepada guru kami, Al-Ustadz Rikrik Aulia Rahman As-Surianji hafizhahullaahu ta’aala. Beliau masih sangat muda dan masih hadir di tengah-tengah kita. Kurang beradab bila seseorang meriwayatkan ijazah, padahal di sana ada guru atau kakek gurunya yang masih mudah ditemui, kecuali “lil-barakah” saja serta mengharapkan agar mendapat jalur-jalur yang lain dengan tetap memberikan semangat kepada penerima ijazah untuk mengambil sanad yang lebih tinggi.

➖➖➖➖➖

UPDATE:

Ada informasi bahwa masih ada satu atau dua orang murid dari Syaikh Abun Nashr Al-Khathib.

Syukran tambahan informasinya Ustadz Faqih hafizhahullaahu ta’aala

Beberapa faidah tambahan dapat dilihat pada SS berikut:

➖ Laili Al-Fadhli ➖

Leave a comment