Kajian Tajwid Bersanad

Bismillaah.

Bagi Sahabat sekalian yang ingin menyelenggarakan kajian ilmu tajwid dengan sanad yang bersambung kepada Rasuulullaah shallallaahu ‘alayhi wa sallam, maka silakan dapat menghubungi kami, Abu Ezra Laili Al-Fadhli, S.Pd.I.

Silakan simak apa itu Sanad dan Periwayatan di sini:

https://alfadhli.wordpress.com/2018/02/27/sanad-dan-riwayah/https://alfadhli.wordpress.com/2018/02/27/sanad-dan-riwayah/

Kami mengenal Tajwid dan Tahsin Al-Quran bersanad dari Ustadz Rendi Rustandi, yang juga merupakan guru pertama kami dalam Tajwid Bersanad. Kami mempelajari Matn Jazary secara keseluruhan kepada beliau.

Adapun untuk sanad kitab-kitab tajwid & qiraat, baik secara riwayah ataupun dirayah, maka kami mendapatkannya saat melanjutkan pembelajaran kepada:

1. Ustadz Iwan Gunawan, Lc. Darinya, kamk mendapatkan ijazah Matn Jazary secara riwayah dan telah lulus ujian secara dirayah.
2. Mengikuti pembelajaran Tajwid dan Tahsin Al-Quran bersama Syaikh Abdul Karim Al-Jazairy yang darinya kami mendapatkan ijazah riwayah Matn Jazary;

3. Mempelajari Matn Tuhfatul Athfaal kepada Syaikh Muhammad Yahya Jum’an Al-Yamani, dan darinya kami mendapatkan Ijazah Matn Tuhfatul Athfaal;

4. Mempelajari Matn Jazariyyah kepada Ustadz Muhammad Al-Farabi, Lc. (Pemegang sanad 14 Qiraat) dan kami walhamdulillaah telah lulus ujian riwayah serta dirayah.

5. Mempelajari Matn Tuhfatul Athfaal dan Matn Jazary kepada Syaikh Mahmoud Alu Zuraynah Al-Mishry, dan darinya kami mendapatkan ijazah/sanad matan-matan tajwid, seperti Matn Jazary, Tuhfatul Athfaal, Qashidah Khaqaniyah, Nuniyah Sakhawiyah, Al-Mufid, dan Salsabil; serta ijazah/sanad Matn Hadits Arba’in Nawawiyah; dan ijazah/sanad Matn Al-Aajurumiyyah.

Kepada Syaikh Mahmoud, kami juga telah membaca Al-Quran kamilan bittanaawub dan berhak atas ijazah Qiraah wal Iqra untuk Qiraah Imam ‘Ashim, dua riwayat: Imam Syu’bah dan Imam Hafsh’.

Sebagaimana kami juga telah membacakan Al-Quran Qiraah Imam ‘Ashim, dua riwayat: Syu’bah dan Hafsh bil jama’ kepada Syaikh Bahaaeldin Sulaiman Rasyad Al-Mishry, dan beliau telah mengijazahkan kami Ijazah Qiraah wal Iqra untuk bacaan yang telah dibacakan dan juga mengijazahka kami Matn Muqaddimah Jazariyyah dan Matn Tuhfatul Athfaal. Dimana beliau mengambil riwayat dari banyak Masyayikh dan yang tertinggi sanadnya adalah melalui Fadhilatusy Syaikh Mishbah Wadn Ad-Dasuuqi.

Selain dari para Masyayikh dan Asatidz yang telah disebutkan di atas, maka kami juga telah mendapatkan ijazah/ sanad Manzhumah Jazariyyah dan Tuhfatul Athfaal dari para Ulama Mu’ammar (sepuh) Ahli Qiraat yang memiliki sanad ‘aliy (tinggi), seperti:

1. Fadhilatusy Syaikh Muhammad Ath-Thawwaab,

2. Fadhilatusy Syaikh Kurayyim Sa’id Rajih, darinya beliau juga mendapat Ijazah untuk Matan Manzhumah Syathibiyah.

3. Syaikh Ibrahim Al-Mu’allim,

4. Fadhilatusy Syaikhah Tinazhar An-Najuuliy,

5. Fadhilatusy Syaikh Abdul Fattah Madkur Bayumi. Darinya, kami juga mendapat ijazah/sanad Matn Salsabilusy Syaafi dan Qashrul Munfashil yang ditulis oleh Fadhilatusy Syaikh Utsman Murad (guru Syaikh Abdul Fattah Madkur). Sehingga untuk kedua Matn ini, jarak kami dengan An-Nazhim (penulisnya) hanya satu orang saja.

Juga kami mendapatkan ijazah/ sanad Matn Manzhumah Jazariyyah dari para Asatidz Musnidin, seperti:

1. Al-Ustadz Al-Musnid Rikrik Aulia Rahman Al-Hanbali yang merupakan salah satu pemegang sanad tertinggi kepada Al-Imam Ibnul Jazariy dari jalur periwayatan Ahli Hadits, dimana jaraknya dengan Ibnul Jazariy hanya 8 (delapan) orang saja. Darinya kami juga mendapatkan ijazah/sanad untuk kitab dan matan berikut:

  1. Hadits Musalsal bil Awwaliyah, Musalsal bil Mahabbah, Musalsal Surat Ash-Shaf, Musalsal Hanabilah, Tsulatsiyat Shahih Al-Bukhari, Asaanid Al-Ahaadits Al-‘Awaali dengan sanad yang bersambung hingga Rasuulillaahi shallallaahu ‘alayhi wa sallam.
  2. Al-Qawaidul Arba’, Nawaqidhul Islam, Al-Ushul Ats-Tsalatsah dengan sanad yang bersambung kepada Syaikhul Islam Muhammad bin Abdil Wahhab At-Tamimi rahiimahullaahu Ta’aala.
  3. Al-Arba’in An-Nawawiyyah beserta tambahan dari Ibnu Rajab dengan sanad yang bersambung kepada Al-Imam An-Nawawi dan Ibnu Rajab radhiyallaahu ‘anhuma.
  4. Al-Aqidah Ath-Thahawiyah dengan sanad yang bersambung kepada Abu Ja’far Ahmad bin Muhammad Ath-Thahawi Al-Hanafi radhiyallaahu ‘anhu.
  5. Ushulus Sunnah Imam Ahmad dengan sanad yang bersambung kepada Al-Imam Ahmad bin Muhammad bin Hanbal radhiyallaahu ‘anhu.
  6. Ushulus Sunnah Al-Humaidi dengan sanad yang bersambung kepada Al-Imam Abu Bakr Abdullaah bin Zubair Al-Humaidi radhiyallaahu ‘anhu.
  7. Aqidah Raziyain dengan sanad yang bersambung hingga Al-Imam Abu Hatim Ar-Razi dan Al-Imam Abu Zur’ah Ar-Razi radhiyallaahu ‘anhuma.
  8. Safinatun Naja beserta tatimmat Al-Bantani dengan sanad yang bersambung hingga Asy-Syaikh Salim bin Sumair Al-Hadhrami dan Asy-Syaikh Nawawi Al-Bantani rahiimahumallaahu Ta’aala.
  9. Matan Al-Waraqat dengan sanad yang bersambung hingga Al-Imam Abul Ma’aali Abul Malik bin Abdillaah Al-Juwaini rahiimahullaahu Ta’aala.
  10. Matan Nukhbatul Fikar dengan sanad yang bersambung kepada Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani radhiyallaahu ‘anhu.
  11. Matan Rahbiyah fil Faraidh dengan sanad yang bersambung hingga Asy-Syaikh Abi Abdillaah Muhammad bin ‘Ali bin Muhammad Ar-Rahbi Asy-Syafi’i rahiimahullaahu Ta’aala.

Darinya kami juga mendapatkan ijaazah ‘aammah untuk seluruh periwayatan beliau yang termaktub dalam Tsabat As-Surianjiyah.

2. KH. Muhammad Qudsi As-Suci Al-Garuti. Darinya kami juga mendapatkan ijazah/sanad Tuhfatul Athfaal, Musalsal bil Awwaliyah, Musalsal Syafi’iyyah, Awail Kutub Sittah, Tsulatsiyat Shahih Bukhari, Arbain Nawawiyyah, Ushulus Sunnah Imam Ahmad, Ushulus Sunnah Imam Humaidi, Muqaddimah Al-Ajurumiyyah, dan Matan Al-Waraqat. Kami juga mendapatkan ijazah ‘aammah untuk meriwayatkan seluruh periwayatan beliau.

Kami juga telah mendapatkan Ijazah/ Sanad Qiraat secara sama’i untuk Matn Syathibiyah (Hirzul Amani) dan Matn Thayyibatun Nasyr dari beberapa orang Masyayikh, di antaranya adalah Fadhilatusy Syaikh Kurayyim Sa’id Rajih, Fadhilatusy Syaikh ‘Ali Taufiq An-Nahas, Fadhilatusy Syaikh Naadir Muhammad Ghaazi, Fadhilatusy Syaikh Abul Hajjaaj Yuusuf bin Ahmad Aalu Alawi, Fadhilatusy Syaikh Waalid bin Idriis Al-Muniisi, dan Fadhilatusy Syaikh Manshuur Banuut Al-Lubnaaniy.

Selain itu, kami juga telah mendapatkan ijazah ‘aammah dan ijazah ilmiyah beberapa kitab dari beberapa Masyayikh, di antaranya:
1. Ijazah/Sanad riwayat Kitab Shahih Al-Bukhari dan Al-Muwaththa Imam Malik dari Fadhilatusy Syaikh Hamid Akram Al-Bukhari. Darinya kami juga mendapatkan ijazah/sanad Musalsal bil Awwaliyyah, Musalsal bil-Mahabbah, Musalsal bish-Shuuratish Shaff, serta ijazah ‘aammah dan berhak meriwayatkan seluruh periwayatan Syaikh Hamid yang termaktub dalam Al-Luqath.

2. Ijazah/Sanad riwayat Hadits Syamail Muhammadiyah, Riyadhush Shaalihiin dan Arbain Al-Ajluniyah dari Fadhilatusy Syaikh Muhammad Muwaffaq Al-Murabi’. Darinya kami juga mendapatkan ijaazah ‘aammah untuk seluruh periwayatan beliau.

3. Ijazah/Sanad riwayat Matan Al-Waraqat, Al-Arbain An-Nawawiyah, dan Adab Mufti Lin-Nawawi dari Al-Musnid KH. Nanang Maulana Ishaq, Lc, MA.

4. Ijazah/ Sanad riwayat Kitab At-Tibyan fii Adab Hammalatil Quran An-Nawawi dan Musalsal talqin Laailaaha illallaah dari KH. Rafiqul A’la, Lc MA., dan Ustadz Fadhil Al-Makky. Darinya kami juga mendapatkan ijazah/sanad Musalsal bil Mahabbah.

5. Ijazah ‘aammah dan hadits musalsal dari beberapa Asaatidz dan Masyayikh, seperti Fadhilatusy Syaikh Dr. Wahid Abdussalaam Baali, Fadhilatusy Syaikh Dr. Abdul Mun’iem Al-Ghumari, Fadhilatusy Syaikh KH. Maimoen Zubair, dll.

Berikut dokumentasi sebagian kecil ijazah tertulis yang kami terima:

image

Silsilah Sanad Jazariy melalui guru kami, Syaikh Abdul Karim Al-Jazairi

image

Ijazah Tuhfatul Athfaal dari Syaikh Muhammad Yahya Jum’an Al-Yamani

image

Ijazah Tuhfatul Athfaal
dari Syaikh Muhammad Yahya Jum’an Al-Yamani

image

Ijazah dan Sanad Maznhumah Jazariyyah dari Ust Iwan Gunawan, Lc.

image

Ijazah ‘Amah dari Ustadz Rikrik Aulia Rahman As-Surianji

image

Silsilah Sanad Al-Quran melalui guru kami, Syaikh Mahmoud El-Said Alu Zurainah

Ijazah dan Sanad Kitab Al-Muwatha Imam Malik dari Fadhilatusy Syaikh Dr. Hamid Akram Al-Bukhari

Ijazah dan Sanad Kitab Riyadhush Shalihin An-Nawawi dari Fadhilatusy Syaikh Muhammad Muwaffaq Al-Murabi’

Ijazah dan Sanad Kitab Syamail Muhammadiyah Imam Turmudzi dari Fadhilatusy Syaikh Muhammad Muwaffaq Al-Murabi’

Ijazah dan Sanad Matn Al-Waraqat fii Ushuulil Fiqh dari KH. Nanang Maulana Ishaq

♻️ INGIN MENGADAKAN DAURAH TAJWID DI KOTA ANDA? ♻️

📌 PAKET DAURAH TAJWID INTENSIF 📌

1⃣ Daurah Intensif Makhraj & Sifatul Huruf
📅 Waktu: 6 sesi @180 menit.

2⃣ Daurah Intensif & Pengambilan Sanad Tuhfatul Athfaal
📅 Waktu : 10 sesi @180 menit (Belum termasuk waktu ujian pengambilan sanad)

3⃣ Daurah Intensif & Pengambilan Sanad Tuhfatul Athfaal + Makhraj & Sifatul Huruf
📅 Waktu : 16 sesi @180 menit (belum termasuk waktu ujian pengambilan sanad)

4⃣ Daurah Intensif Tajwid & Pengambilan Sanad Manzhumah Jazariyyah
📅 Waktu : 20 sesi @180 menit. (Belum termasuk waktu ujian pengambilan sanad)

5⃣ Daurah Pengenalan Tajwid
📅 Waktu : 2-4 sesi @180 menit

📝 Catatan:

1. Waktu sudah termasuk tahsin/ tash-hih jama’i (perbaikan dan koreksi bacaan secara klasikal).

2. Bila panitia menginginkan ada sesi latihan khusus orang per orang dengan lebih detail, maka sesi akan ditambah.

3. Waktu Daurah bisa dipecah beberapa hari sesuai dengan permintaan panitia dan kesiapan peserta.

4. Satu sesi Daurah bisa diringkas menjadi 120 menit dengan mengurangi porsi latihan/ praktik.

〰〰〰〰〰

📌 Pembiayaan:

1⃣ Akomodasi & Konsumsi pemateri ditanggung panitia penyelenggara.

2⃣ Biaya administrasi & pendidikan (Daurah) : Diserahkan kepada kesanggupan panitia/ peserta.

〰〰〰〰〰

📝 Ujian pengambilan sanad:

📌 Ijazah Matan / Riwayah (izin untuk meriwayatkan) dan lil-Barakah: Menyetorkan hafalan Matan Jazariyah atau Tuhfatul Athfaal (tergantung mengambil sanad yang mana) dengan bacaan yang bagus.

📌 Ijazah Dirayah / Lit-Tadris atau lit-Ta’lim (Mengajar):

– Menyetorkan hafalan Matan dengan bacaan yang bagus.

– Ujian secara lisan isi/ makna/ penjelasan dari Matan yang akan diujikan.

– Ujian praktik membaca Al-Quran.

Apa perbedaan riwayah dan dirayah?

Silakan klik https://alfadhli.wordpress.com/2017/11/22/riwayah-dan-dirayah/

〰〰〰〰〰

📌 Daurah dilaksanakan secara klasikal, boleh digabung ikhwan dan akhawat.

📌 Jumlah peserta tidak dibatasi, sesuai dengan kesanggupan panitia. Semakin sedikit semakin efektif.

📌Waktu daurah patokannya pada sesi, bukan hari, jadi bebas mau dipecah beberapa hari, insyaallah bisa.

📌Waktu ujian dirayah tergantung jumlah peserta, setiap 5 orang butuh waktu sekitar 2 jam.

📌Bila Anda berniat mengadakan Daurah, maka silakan ajukan akan mengadakan Daurah yang mana beserta opsi waktu diadakan Daurah tersebut. Kami akan menyesuaikan dengan jadwal yang telah ada untuk mencocokkan dengan jadwal yang ditawarkan panitia.

📌 Pemateri: Abu Ezra Laili Al-Fadhli

〰〰〰〰〰〰

Jadikan harta Anda berkah demi kebaikan di jalan Allah. Untuk kelancaran kegiatan Online Tajwid silakan salurkan donasi Anda melalui:

👉🏻 BANK MUAMALAT INDONESIA
1130007110

👉🏻 BANK MANDIRI
1310006109708

👉🏻 BANK SYARIAH MANDIRI (BSM)
7082316188

Seluruh no rekening atas nama:
LAILI AL FADHLI

〰〰〰〰〰〰〰

☎️Contact:
📱 WA / Telegram: +6289663119897
Akun Telegram @OnlineTajwidAdmin

📧 Email: onlinetajwid.info@gmail.com
✅ Bergabung bersama Channel Telegram: t.me/online_tajwid

🚩Ikuti Fan Page kami di Facebook: Online Tajwid

☝🏼️Barakallaahu fiikum ☝🏼️

3 thoughts on “Kajian Tajwid Bersanad

  1. Assalamualaikum
    Sy Anwar dari Malaysia sgt2 berminat utk
    ikuti program tajwid bersanad ini.
    Bagaimana caranya ya?
    Bolehkah secara online?

Leave a comment