wp-1460681682136.jpg

Qalbu adalah Inti Diri Manusia

❤ QALBU ADALAH INTI DIRI MANUSIA ❤

image

💡Setelah berbagai penelitian yang panjang, ditemukan kesimpulan bahwa heart / jantung / qalbu (lebih dikenal dalam bahasa sehari-hari sebagai “hati”) terbukti merupakan organ inti dalam diri manusia.

👉🏻Dikatakan bahwasanya jantung memiliki “otak” yang mengirimkan sinyal kepada otak yang ada di kepala kita. Istilah dalam rilisan ilmiah dikenal dengan “neurocardiology”.

☝🏻Bahkan, kini orang-orang Barat pun berkesimpulan bahwasanya untuk mendapatkan kesehatan, baik fisik ataupun psikis, mesti diawali dari kesehatan qalbu / jantung / heart. Mereka melakukan berbagai macam penelitian untuk mendapatkan kondisi “balance” dalam diri seseorang.

✅Beruntung umat Islam yang lebih dahulu diberi petunjuk oleh Allaah dan Rasul-Nya bahwasanya qalbu adalah pusat pengendali diri. Di sanalah pusat kehidupan, pikiran, diin, dan akhlak seseorang. Bila ia baik maka baiklah keseluruhan manusia, bila ia buruk maka buruklah keseluruhannya.

✅ Allaah Azza wa Jalla berfirman tentang qalbu sebagai pusat pemikiran dan kendali manusia:

(وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ ۖ لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا ۚ أُولَٰئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ)

“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai qalbu (jantung/ hati), tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” [QS. Al-A’raaf 179]

(أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا ۖ فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَٰكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ)

“maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai qalbu (jantung/ hati) yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.” [QS. Al-Hajj 46]

(أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا)

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah qalbu (jantung/ hati) mereka terkunci?” [QS. Muhammad 24]

✅Sabda Rasuulullaahi Muhammad shallallaahu ‘alayhi wa sallam tentang qalbu:

أَلاَ وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلاَ وَهِيَ الْقَلْبُ

“Ketahuilah, bahwa dalam tubuh terdapat mudghah (segumpal daging), jika ia baik, maka baik pula seluruh tubuhnya. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh tubuhnya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah qalbu (jantung/ hati).” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

✅ Doa agar jantung/ hati kita selalu berada di atas ketaatan:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

“Wahai Dzat Yang Maha Membolak-balikan qalbu, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu (Al-Islam).”

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

“Yaa Allaah Yang Maha Menggerak-gerikan hati, gerakanlah hati kami agar tetap berada di atas ketaatan terhadap-Mu.”

✅Referensi Barat:
https://www.heartmath.org
http://www.mindfulmuscle.com
http://theness.com/neurologicablog/
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Neurocardiology

♻️ Ayahnya Ezra, dari berbagai sumber

Catatan:
– Bedakan antara hati yang bermakna heart/ jantung/ qalbu dengan hati yang bermakna liver (organ pencernaan).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s