Tentang Kontribusi

Kita sepakat bahwa seorang muslim wajib berkontribusi dalam dakwah dan jihad, sekecil apapun kontribusinya. Baik itu dengan menggunakan harta, tenaga, pikiran, jiwa, dan raga. Setiap orang dengan kompetensinya masing-masing bisa menyumbangkan apa yang ia miliki sebagai bagian dari kontribusinya untuk Islam.

Namun demikian seseorang tidak bisa memaksakan orang lain untuk berkontribusi dengan sesuatu yang sama. Sesuatu yang sesuai dengan apa yang ia atau golonganya miliki. Hal ini disebabkan bahwa setiap orang memiliki kapasitas ilmu, pengatahuan, dan pemahaman yang berbeda-beda dalam tataran praktis. Islam tidak menghendaki semua orang menjadi ahli fiqih, sebagaimana Islam juga tidak menghendaki semua orang menjadi ahli kesehatan. Semua memiliki porsinya, dan peradaban yang akan dibangun membutuhkan semua itu.

Kita tidak menutup mata bahwa ada sebagian orang yang memiliki multi talenta dalam ilmu dan pengetahuan sehingga ia bisa menjadi ahli fiqih sekaligus tabib yang ahli, bahkan memahami dengan mendalam tafisr Al-Quran dan ilmu Hadits. Namun, jumlah orang seperti ini sangat terbatas, apalagi pada masa kini.

Oleh karenanya, dalam da’wah, kontribusi bisa diberikan sesuai dengan kapasitas kita masing-masing. Ahli fisikia dengan ilmunya, ahli kedokteran dengan ilmunya, ahli nuklir pun dengan ilmunya. Semua orang bisa berkontribusi. Apapun itu. Bila ini terealisasi maka perbadan Islam bisa mulai dirintis, karena para ahli dari kalangan kaum muslimin telah sadar bahwa ilmu dan kemampuan yang mereka miliki harus bermanfaat bagi Islam dan kepentingan kaum muslimin.

Bila kita telah sepakat akan hal ini, maka mulailah bekerja dan beramal. Seriuslah dalam menekuni spesialisasi kita, sambil mengkaji ilmu yang fardhu ain dalam Islam, sambil berdakwah untuk membuka mata umat lebih banyak lagi, sambil mempersiapkan diri kita dalam jihad yang sesungguhnya. Di sinilah kita bekerja dan beramal di atas hamparan bumi, di bawah kolong langit di mana pun kita berada.

Wallahu a’lam.

Sorce : https://www.facebook.com/alfadhl87/posts/456427001152479?notif_t=like

One thought on “Tentang Kontribusi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s