VALENTINE : Haruskah Kita Merayakannya?

Buat saudara/saudari sekalian, peringatan bahwa cinta terhadap sesama muslim itu wajib hukumnya. Tidak terikat ruang dan waktu. Di mana pun dan kapan pun cinta harus tetap ditebarkan.

Adapun mengkhususkan cinta pada waktu-waktu tertentu bukan merupakan sebuah kebaikan. Misalnya pada bulan Februari ini. Kita mengenal ada satu hari yang disebut hari cinta kasih, yakni pada tanggal 14 Februari.

Padahal sekali lagi, dalam Islam cinta tidak terbatas ruang dan waktu. Ini bila ditinjau dari sudut pandang mengkhususkan waktu-waktu tertentu untuk menebarkan cinta. Dalam tinjauan Islam, setiap hari adalah hari cinta dan kasih sayang.

Bila kita telisik lebih jauh, maka sungguh kita akan mendapati bahwa apa yang biasa diperingati orang-orang setiap tanggal 14 Februari merupakan tradisi yang berasal dari orang-orang kafir. Dan secara tegas Rasulullah melarang kita menyerupai kebiasaan atau ikut-ikutan dalam tradisi yang telah menjadi ciri khas orang kafir. «man tasyabbaha bi qawmin fahuwa minhum» siapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk kaum tersebut.

Belum lagi bila kita melihat realita yang terjadi dalam perayaan hari yang dikenal dengan nama Valentine ini. Atas nama cinta dua orang pemuda dan pemudi bisa melanggar etika budaya dan agama. Dari mulai saling tukar hadiah, bunga atau cokelat, kemudian dilanjutkan dengan berjalan bersama, dan lebih dari itu bis melakukan hubungan suami-istri sebelum nikah. Na’udzubillah...

Hal ini diperparah dengan media yang terus mendukung perayaan seperti ini. Juga berbagai fasilitas pendukung lainnya, yang tahun kemarin sempat tersebar di toko-toko atau swalayan. Di antara mereka ada yang menjual cokelat edisi valentine yang berisi dua buah cokelat dan satu buah kondom! Keterlaluan.

Maka dari itu wahai saudara/ saudariku, hendaknya kita memahami hakikat sesuatu sebelum kita ikut-ikutan dalam hal-hal yang tidak kita ketahui tentangnya.

Wallahu a’lam.

Source : http://m.facebook.com/?_rdr#!/story.php?story_fbid=287229601405554&id=100003555485295&__user=100003555485295

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s