Cinta Itu Fitrah, Bagaimana..???

TANYA: (Akhwat, 10 Februari 2010)

Bukankah mencintai itu fitrah. Bgmn ?

(sebelumnya, melalui group ini saya mengirim pesan singkat yang berisi uraian tanda-tanda cinta dan kecintaan terhadap Allah)

===========================

JAWAB:

Bismillah walhamdulillah wa shalawat ‘alaa Rasuulillah

Masa muda adalah masa yang penuh gejolak dan gelora. Di sana ada semangat, di sana ada kepercayaan diri, dan di sana ada cinta.

Allah berfirman :
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. 3: 14)

Fitrah manusia adalah merasakan keindahan dan kecintaan terhadap apa-apa yang Allah ciptakan, seperti wanita (lawan jenis, maksudnya), anak-anak, harta, dan hal-hal yang Allah sebutkan di atas. Apalagi bagi generasi muda yang dalam masa-masa menggeloranya.

Lalu, bagaimana dengan perasaan cinta terhadap seseorang..?

Rasuulullah Muhammad shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda: “Tidak beriman seseorang di antara kalian sampai ia bisa mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.”

Artinya, mencintai saudara kita adalah kewajiban yang jika hal tersebut tidak ada pada diri seorang muslim, maka dipertanyakan keimanannya. Sedangkan yang dimaksud saudara di sana adalah tali persaudaraan yang diikat oleh ikatan aqidah tauhid, yakni ukhuwwah islamiyyah atau lebih dalam lagi ukhuwwah imaniyyah. Hal ini berdasarkan firman Allah:

Sesungguhnya mu’minin itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. 47:10)

Jadi, cinta yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya adalah cinta yang didasari dari ketulusan iman dan ketaatan terhadap Allah dan Rasul-Nya… Cinta ini wajib kita berikan kepada sesama mu’min (saja), sedangkan selain mereka, maka yang ada adalah bersikap adil dan menghargai keyakinan mereka (menghargai bukan berarti membenarkan atau meyakini kepercayaan mereka).

Sesungguhnya, cinta terhadap sesama manusia adalah fitrah yang dianugerahi-Nya, namun ternyata, Allah berfirman bahwa DIA lebih layak untuk dicintai. Firman-Nya:

Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).” (QS. 2: 165)

Bahwa orang beriman itu sangat besar cinta-Nya kepada Allah, tidak ada yang paling dicintai selain Allah dan Rasul-Nya, sedangkan cintanya kepada manusia didasarkan atas kecintaan dan ketaatannya terhadap Allah dan Rasul-Nya.

Cinta adalah fitrah, maka jagalah ia agar tetap terjaga kesuciannya. Jangan nodai cinta dengan hawa nafsu, karena sungguh kenikmatan sesaat di dunia hanya akan membawa kesedihan dan kesusahan yang kekal di akhirat.

Sulit..? Ya, ini adalah hal yang sangat sulit bagi (hampir) seluruh manusia, namun ini adalah ujian yang akan membuktikan kadar keimanan seorang hamba terhadap Rabbnya… Jikalau kita pada suatu waktu terpeleset dan terjatuh dalam kubangan noda, tidak mengapa, segeralah kembali kepada Allah dan memohon ampunannya, lalu berusaha kembali untuk meningkatkan kadar kecintaan kita kepada Allah dan Rasul-Nya… Kita bersama belajar mencintai Allah dan Rasul-Nya lebih dari apapun, lebih dari siapapun…

Semoga Allah senantiasa menghujamkan rasa cinta kita hanya kepada-Nya dan kepada siapa2 serta apa2 yang dikhendaki-Nya… Aamin…

Wallahu a’lam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s