Berkata Kasar dan Permusuhan dalam Islam

Assalaamu ‘alaykum…

Mas Fadhli, sebelumnya perkenalkan, nama saya P**** U**** (diedit oleh admin.).

Begini, saya lihat foto anda (tentang hari valentine) yang ditag ke salah satu teman saya. Saya bingung, kok anda pakai foto2 yang menampilkan kata-kata kasar (F*ck, Suck, dsb)? Apa anda tidak tahu arti dari kata-kata itu? Ketika itu tidak dihubungkan dengan agama islam, mungkin tidak menjadi masalah. Tapi anda membawa-bawa agama, dan saya rasa itu malah kontradiktif dengan pesan yang coba anda sampaikan pada orang lain.

Agak aneh ketika anda menyebarkan pesan anti hari kasih sayang, tapi menggunakan atribut dan bahasa yang sepertinya anda ambil dari kebudayaan orang barat (Amerika). Bukankah kata2 ‘F*ck’ itu budaya barat? Bahkan di Amerika sendiri, kata-kata itu setahu saya ditabukan. Tahukah anda, pihak Facebook sendiri sudah menghimbau penggunanya untuk tidak mengunggah konten yang di dalamnya mengandung unsur2 kata-kata kasar, pornografi, dsb.

Saya insyaallah muslim. Saya rasa, dalam Al Quran maupun Hadist tidak ada ayat yang menyuruh kita untuk menyebarkan kebencian, atau menyampaikan pesan menggunakan kata-kata kasar.

Saya setuju dengan pesan, umat muslim tidak perlu ikut2an merayakan hari kasih sayang. Tapi saya tidak setuju dengan gambar yang anda gunakan.

Mohon maaf jika ada perkataan saya yang tidak berkenan. Saya hanya mencoba mengingatkan. Jangan sampai umat muslim sendiri yang justru membuat agamanya jelek di mata orang lain. Dan memang tugas sesama muslim, saling mengingatkan, bukan?

Wasalam.

(pertanyaan ini diajukan berkaitan dengan penyebaran propaganda berupa gambar dan foto yang melarang perayaan hari valentine, dalam beberapa gambar/foto yang saya sebar via Facebook, ada di antaranya bertuliskan (maaf, saya tulis full) FUCK VALENTINE DAY, SUCK VALENTINE DAY, dan sejenisnya (tapi tidak seluruhnya).

======================================

JAWABAN:

Wa ‘alaykumus salam…

Bismillah…

Punten, mohon maaf klo bernada kasar,,,
Pertama, yang membuat gambar dan foto bukan saya,,,, Creatornya temen2 Underground, anak-anak Punk yang udah mulai ikut ngaji, jadi kebiasaan mereka dengan bahasa2 seperti itu masih ada

Kedua, berkata kasar kepada kekufuran pada hakikatnya diperbolehkan…

Bahkan, Allah menyebutkan dalam al Quran bahwa Bangsa Yahudi adalah Kera dan Babi,,, Itu sangat kasar, namun diperbolehkan jika tepat sasaran… Allah juga menyebut orang2 kafir dan syirik sebagai Seburuk2 makhluq… Ini pun kasar,,, (seburuk-buruk makhluq berarti jauh lebih buruk dari binatang, bukan..?)

Dan begitu banyak Allah menggambarkan orang2 kafir dengan sesuatu yang buruk: “Anjing yang menjulurkan lidahnya, hewan ternak, dan yang lainnya…”

Ketiga, kata2 tersebut tidak ditujukan kepada personal, namun kepada bentuk kekufuran/ bid’ah itu sendiri, yakni Valentine’s Day…

Keempat, dalam Al Quran banyak sekali ayat yang menerangkan kebencian terhadap kekufuran dan orang2 kafir, contohnya Surat Mumtahanah ayat 4: “Dan telah tampak dari kami PERMUSUHAN dan KEBENCIAN selama2nya hingga kalian menyembah Allah saja.”

Kenapa memakai bahasa Inggris..??
Karena gambar2 tersebut disebar ke sluruh dunia, jadi jika menggunakan bahasa Indonesia orang2 di luar Indonesia tidak akan mengerti pesan yang ingin disampaikan…

Pilihan fotonya banyak dan tidak semua bernada kasar,,,

Klo memang keberatan dengan kata-kata yang kasar, tinggal dipilih yang lebih soft. Intinya kita perangi budaya VALENTINE’s Day…

Terima kasih atas masukannya, semoga Allah membalas kebaikan saudara P****…  Sekaligus mudah-mudahan bisa dipertimbangkan oleh kawan2 Creator…

Wallahu a’lam…

2 thoughts on “Berkata Kasar dan Permusuhan dalam Islam”

  1. Kalo menurut saya memang sangat bagus mengingatkan orang islam supaya tidak masuk kedalam kekufuran, seperti ikut2an merayakan hari valentine ,tapi saya setuju dengan argumen saudara p…*** ,meskipun alloh membolehkan untuk berkata kasar kepada mereka / kafir,supaya menghindari permusuhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s