Sisipkan Pesan Dalam Status Facebook-mu Kawan!

“Sampaikanlah walau satu ayat” begitu sabda Nabi Sholallohu ‘alaihi wassalam beratus-ratus tahun silam.

Banyak orang beranggapan hanya Ustadz atau Ustadzah, atau yang ilmunya melebihi kedudukan mereka saja yang pantas untuk menyampaikan suatu ilmu. Kebanyakan orang selalu merasa tidak layak untuk membagikan apa yang ia ketahui. Padahal jika mau berpegang pada hadits tersebut, manusia hanya disuruh untuk menyampaikan ilmu yang telah diketahuinya, meskipun yang dipunya masih bisa dikata sangat-sangat sedikit. Yang dimaksud ilmu di sini, tentunya adalah ilmu yang bermanfaat. Untuk kehidupan dunia, juga akhirat

Hingga saat sekarang ini dimana bumi dinyatakan sudah semakin tua, ilmu berseliweran di mana-mana. Di sekitar kita. Baik itu berupa artikel, jurnal, kisah perjalanan seseorang maupun gambar-gambar. Yang terkadang diantara itu semua, tersusupi nilai-nilai yang dapat mempengaruhi manusia untuk berbuat kerusakan. Kita yang ingin selamat, benar-benar dituntut untuk extra hati-hati dalam memilihnya. Agar tidak ikut tergelincir arus zaman yang merusakkan namun tampak menawan.

Untuk mengimbangi itu semua, kita juga perlu melakukan tindakan. Dengan cara memanfaatkan apa saja yang bisa kita gunakan untuk mendakwahkan ilmu Allah. kita harus melakukan ini. Dan salah satu sarana yang bisa kita manfaatkan adalah internet. Karena, jika kita tidak memanfaatkannya, maka para kafirin-lah yang akan menggunakannya. Mereka akan memanfaatkan untuk menyesatkan ummat manusia dari jalan Allah dengan cara-cara mereka.

Di era sekarang ini, mencari fasilitas internet bukanlah hal yang sulit lagi. Ia sangat mudah kita temukan di mana-mana. Media internet sudah memasuki hampir seluruh penjuru dunia. Terjangkau oleh kalangan bawah sekalipun.

Meskipun internet terkenal sebagai tempat yang sangat rawan dengan kemaksiatan, dan membuat sebagian orang tua khawatir. Namun semua itu tetap tergantung pada si pengguna. Banyak pilihan yang ditawarkan di sana. Pilih manfaatnya atau maksiatnya. Justru dengan adanya media internet, kita ummat Islam menemukan banyak sekali kemudahan-kemudahan dalam mendakwahkan agama Allah dimuka bumi ini. Orang tidak lagi diharuskan mendatangai masa untuk menyeru ummat ke jalan yang benar. Dengan duduk saja di depan komputer, membuka Facebook misalnya, kita sudah bisa menebar kebaikan. Meskipun tujuan membuka Facebook untuk menemui teman-teman yang tergabung di sana, tetap usahakanlah untuk menyisipkan sedikit pesan pada postingan kita. Manfaatkan Facebook kita untuk berdakwah, meskipun yang kita posting baru gambar hasil jepretan di taman kupu-kupu. Insya Allah, orang yang memandangnya akan memuji Allah, karena mendapati keindahan ciptaan-Nya. Wallahu a’lam…

Ida Raihan

Cheung Sha Wan, Hong Kong, Ba’da Magrib.

Sabtu, 24 Oktober 2009

Source: http://www.muslimdaily.net/artikel/ringan/4367/sisipkan-pesan-dalam-status-facebook-mu-kawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s