Ilmu yang Fardhu ‘Ain Bagi Setiap Muslim

Bismillah… Kewajiban menuntut ilmu telah banyak dibahas oleh para ‘ulama dan ustadz. Namun, adakah kita mengetahui ilmu apa saja yang wajib diketahui oleh setiap individu Muslim..???

Ketahuilah, bahwa ilmu yang sifatnya fardhu ‘ain terbagi dalam tiga golongan. Yakni:

  1. Ilmu Fardhu ‘Ain yang Bersifat umum

Ilmu ini adalah ilmu yang wajib dipelajari oleh setiap mukallaf kapanpun dan di manapun. Ilmu-ilmu yang termasuk dalam kategori ini adalah.

  1. Memahami Rukun Islam yang Lima
  2. Memahami Rukun Iman yang Enam
  3. Memahami Bagian-Bagian Tauhid
  4. Memahami Pembatal-Pembatal Islam
  5. Memahami Ibadah-Ibadah Wajib bagi Hati
  6. Memahami Tatacara Thaharah
  7. Menghafal Surat al Fatihah
  8. Memahami Tatacara Shalat
  9. Memahami Tatacara Hukum-Hukum yang Berkaitan dengan Jenazah
  10. Memahami Tatacara Shaum
  11. Memahami Hukum-Hukum yang Berkaitan dengan Jihad
  12. Memahami Kewajiban-Kewajiban dan Adab-Adab Pribadi
  13. Memahami Hal-Hal yang Diharamkan
  14. Mengerti akan Wajibnya Taubat

 

  1. Ilmu Fardhu ‘Ain yang Bersifat Khusus

Yakni ilmu yang hanya berlaku pada sebagian mukallaf saja, pada saat ia berjumpa pada satu kewajiban maka ia wajib pula mempelajari tatacara dan hukum-hukum yang berkaitan dengannya.

Misal: seorang muslim yang telah bersyahadat dan shalat belum memiliki kewajiban beribadah haji karena ia belum mampu, maka mempelajari tatacara ibadah haji tidak menjadi fardhu ‘ain bagi dirinya. Namun, jika ia telah mampu, maka mempelajari tatacara ibadah haji menjadi wajib bagi dirinya. Termasuk di dalamnya adalah zakat.

Kepada seorang muslim yang hendak melakukan perniagaan, maka wajib bagi dirinya mempelajari tatacara dan hukum-hukum yang berkaitan dengan perniagaan sebelum ia melakukannya. Begitu pun komandan perang yang wajib memahami hukum-hukum Jihad, ghanimah, tawanan, fa’i, strategi pertempuran, dan lain sebagainya. Semuanya menjadi fardhu ‘ain bagi muslim yang bersangkutan, sedangkan yang lainnya tidak.

Hal ini akan memberikan pemahaman kepada kita dan menyadarkan kita tentang kewajiban-kewajiban apa yang harus kita tunaikan. Ilmu apa yang belum kita dapatkan padahal kita telah berhadapan dengannya. Ilmu nikah, berumahtangga, mendidik anak menjadi fardhu ‘ain bagi muslim yang telah berjumpa dengan keadaan tersebut.

Termasuk di dalam hal ini juga adalah kewajiban bagi seorang muslim yang tinggal di daerah yang penuh dengan ahli bid’ah dan berbagai macam kesesatan, seperti murji’ah, khawarij, jabbariyah, qadariyah, mu’tazilah, rafidhah, dan lain sebagainya untuk mempelajarinya agar ia tidak terjatuh pada kesesatan dan juga dapat membantu orang lain untuk tidak terjerumus di dalamnya. Semua hal ini menjadi wajib berdasarkan kaidah Al Ilmu Qabla Qawlu wal ‘Amal.

  1. Ilmu tentang Ahkamun Nawazil

Di antara ilmu fardhu ‘ain yang bersifat umum dan khusus akan pasti senantiasa ditemui oleh mukallaf setiap saat, namun di antara ilmu yang fardhu ‘ain juga ada kewajiban bagi mukallaf memahami problematika kontemporer yang tidak ditemukan pada masa Rasulullah dan para Shahabat. Bahkan, seorang mukallaf wajib meminta fatwa kepada seorang ‘ulama tsiqah hingga terjawab pertanyaannya yang berkaitan dengan permasalahan kontemporer tersebut.

Beberapa di antaranya adalah permasalahan demokrasi atau mendirikan partai politik, permasalahan kedokteran modern (transplatasi organ, kloning, dan lain sebagainya), perkembangan teknologi, dan semua hal yang menjadi masalah pada masa kini sedangkan pada masa Rasulullah dan para Shahabat tidak ditemukan masalah yang serupa.

Wallahu a’lam

Semoga bermanfaat.

Akhukum,

الفضل بن زين العبدين

Referensi

Syaikh Abdul Qadir Abdul Aziz, Al Jami’ Fii Thalab al Ilmi Asy Syariif

Syaikh Abu Basheer, Ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s